Aplikasi On The Go

Sesuai dengan namanya, Aplikasi portable adalah sebuah software komputer yang tidak perlu di-install ataupun di-copy ke hard disk untuk dijalankan, sehingga dapat digunakan di manapun Anda mau. Aplikasi tersebut dapat berjalan pada media removable, seperti CD-ROM, USB Flash Drive, ataupun floppy disk. Walaupun begitu, aplikasi portable pada umumnya hanya dapat berjalan pada platform sistem operasi tertentu saja.

Di bawah ini, saya akan memperkenalkan beberapa aplikasi portable gratis dan alamat downloadnya.

  • Mozilla Firefox Portable
    Siapa yang tidak kenal Firefox? Firefox adalah salah satu web browser yang paling banyak digunakan untuk menjelajah internet. Versi portable Firefox memungkinkan pengguna membawa bookmark, setting, serta extension ke mana pun mereka pergi.
  • VLC Media Player
    VLC Media Player adalah player multimedia portable yang mendukung sejumlah besar format video audio. Salah satu kelebihan VLC ialah adanya fasilitas Convert dan Streaming.
  • OpenOffice
    OpenOffice merupakan sebuah bundel yang memuat sejumlah aplikasi perkantoran seperti pengolah kata, spreadsheet, tools presentasi, aplikasi database, serta aplikasi lainnya. Office merupakan versi open-source dari aplikasi office yang dapat digunakan sebagai alternatif Microsoft Office.
  • ClamWin
    ClamWin, sebuah antivirus untuk platform Microsoft Windows, akan sangat membantu dalam keamanan pertukaran file lewat media seperti USB Flash Drive. Anda dapat lakukan scanning file secara langsung tanpa perlu menginstall lagi.
  • Notepad++
    Aplikasi Notepad++ merupakan versi portable text editor yang memiliki fungsi lebih banyak dibandingkan dengan Notepad, seperti mengenal banyak bahasa programming.
  • PortableApps.com Suite
    PortableApps.com Suite merupakan paket software open-source yang terdiri dari sejumlah aplikasi portable yang dikonfigurasikan untuk berjalan secara portable pada media removable seperti flash disk ataupun hard disk external.
Semoga artikel ini bermanfaat!!!

Sumber : Majalah CHIP 10/2008

Read More......